DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL i
LEMBAR PENGESAHAN ii
LEMBAR KETERANGAN SELESAI STUDI EKSKURSI iii
DAFTAR ISI iv
KATA PENGANTAR v
BAB I PENDAHULUAN 1
1.1 Latar Belakang 1
1.2 Tujuan Studi Ekskursi 2
1.3 Manfaat Studi Ekskursi 2
BAB II KEGIATAN SELAMA STUDI EKSKURSI 4
2.1 PT. Sidomuncul 4
2.2 PT. Nissin Biscuit Indonesia 8
2.3 PT. Kudo Teknologi Indonesia 9
2.4 Bursa Efek Indonesia 11
BAB III EVALUASI PELAKSANAAN KEGIATAN 14
BAB IV PENUTUP 16
4.1. Kesimpulan 16
4.2. Saran 16
LAMPIRAN
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur terhadap kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat serta hidayah-Nya, sehingga penyusunan Laporan Studi Eksekursi di PT Sidomuncul, PT Nissin Biscuit Indonesia, KUDO, dan BEI dapat terselesaikan dengan baik tanpa masalah yang berarti.
Maksud serta tujuan dari adanya penyusunan Laporan Studi Eksekursi ini adalah sebagai tugas serta untuk melengkapi persyaratan yang akan digunakan untuk nilai tambah. Adapun penyusunan dari Laporan Studi Eksekursi berdasarkan data-data yang diperoleh selama rangkaian Kunjungan Perusahaan, serta data-data dan keterangan dari dosen pembimbing. Saya sangat menyadari jika dalam penyusunan Laporan Studi Eksekursi tidak lepas dari dukungan oleh berbagai pihak.
Oleh karena itu pada kesempatan ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada:
Ø Ketua Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis yang memperbolehkan mengikuti dan mengadakan Studi Ekskursi
Ø Bapak Suratna dan Bapak Adi Soeprapto selaku dosen program studi Ilmu Administrasi Bisnis UPN “Veteran” Yogyakarta serta pendamping selama pelaksanaan Studi Eksekursi berlangsung
Ø Dosen pembimbing
Ø Teman-teman program studi Ilmu Administrasi Bisnis
Ø Pihak dari PT Sidomuncul, PT Nissin Biscuit Indonesia, KUDO, dan BEI
Akhirnya, penulis menyadari bahwa di dalam penyusunan Laporan Studi Eksekursi masih terdapat banyak kekurangan. Karena keterbatasan pengetahuan dan kemampuan penulis, untuk itu kritik dan saran yang bersifat membangun dari pembaca sangat diharapkan demi kesempurnaan penyusunan Laporan Studi Eksekursi ini.
Demikian kata pengantar ini saya buat, semoga dapat bermanfaat, khususnya bagi diri pribadi saya sendiri dan pembaca pada umumnya.
Yogyakarta, 23 April 2018
Penyusun
Najibullah Wicaksana Wahyabyantara
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Studi Ekskursi merupakan studi lapangan untuk melihat praktek bisnis secara langsung dan pembelajaran dengan menggali informasi dari suatu tempat dan dimana seseorang yang mengikuti Studi Ekskursi yakni harus terdaftar sebagai peserta Studi Ekskursi pada saat input KRS yang bernilai 1 SKS.
Untuk mendukung perkuliahan di Jurusan Administrasi Bisnis, maka mahasiswa perlu dibekali wawasan mengenai praktek kerja secara nyata dan langsybg sesuai dengan ilmu-ilmu dan teori yang diperoleh saat perkuliahan sebelumnya, dengan melihat secara langsung aktivitas-aktivitas yang ada pada industri, baik industri manufaktur maupun jasa. Melalui Studi Ekskursi (SE), mahasiswa diharapkan dapat mengenal lingkungan industri secara lebih dekat, sehingga membantu mereka dalam memahami ilmu yang diperoleh di perkuliahan, khususnya ketika mahasiswa melakukan Kerja Praktek dan menyelesaikan Tugas Akhir Studi Eksursi Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis dilaksanakan dengan tujuan Semarang-Jakarta-Bandung.
Pemilihan objek studi ekskursi tahun ini ke daerah Semarang dikarenakan kebutuhan mahasiswa Ilmu Administrasi Bisnis untuk melihat lebih dekat terkait operasional suatu perusahaan. Di Semarang terdapat ada 2 perusahaan besar di Indonesia dan sudah berumur cukup lama dan cukup mampu bersaing di dunia bisnis Indonesia. Dan salah satu objek yang cocok untuk merepresentasikannya adalah PT Sido Muncul Tbk sebgai perusahaan jamu terbesar di Indonesia. Dengan demikian mahasiswa Ilmu Administrasi Bisnis dapat mempelajari tentang bagaimana proses produksi, manajemen perusahaan serta pemasaran produk yang dilakukan. Yang mana hal ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan mahasiswa untuk menentukan tempat kegiatan magang bahkan sebagai pertimbangan untuk bekerja. Kemudian mendatangi PT. Nissin yang terletak di Semarang untuk melihat secara langsung proses produksi dari mulai bahan mentah yang ada hingga sampai jadi dan pemasaran Nissin yang unik yang ada juga hanya menjual produk yang tidak dijual dipasar tapi hanya di Nissin Storenya.
Sementara dalam hal pemilihan objek studi ekskursi di KUDO (Kios Untuk Dagang Online) berdasarkan pertimbangan bahwa KUDO merupakan sebuah perusahaan teknologi yang menciptakan sebuah platform yang memberikan peluang kepada masyarakat Indonesia untuk memiliki peluang usaha dengan menjadi penjual produk dari berbagai usahawan ternama dengan basis aplikasi. Melihat era sekarang semuanya menggunakan teknologi maka dengan kita mengnjungi KUDO kita memperoleh ilmu yang sangat bermanfaat dalam variasi bisnis, bahwasanya bisnis tidak harus memiliki tempat atau lapak, lewat online sekarang lebih gencar, terutama dituntut oleh era jaman modern yang semuanya serba teknologi. Diharapkan mahasiswa mendapat pengetahuan yang tidak hanya berupa hal-hal fisis dan teknis akan tetapi juga mengenai struktur kepengurusan perusahaan. Serta tata ruang yang unik tidak harus formal namun ide-ide yang sangat penting untuk dituangkan dalam forum rapat atau diskusi yang lebih menggunakan sistem santai tapi serius.
Bursa Efek Indonesia (BEI) merupakan menyebarkan data pergerakan harga saham melalui media cetak dan elektronik. Satu indikator pergerakan harga saham tersebut adalah indeks harga saham. memfasilitasi perdagangan saham, pendapatan tetap, instrumen derivatif, reksadana, obligasi, dan saham dan obligasi yang berbasis Syariah. BEI juga menyediakan data perdagangan real time dalam data-feed format untuk vendor data/perusahaan. Tidak hanya itu saja sekarang orang mulai tertarik melakukan investasi maka dari itu mahasiswa Administrasi Bisnis perlu belajar cara bermain saham yang baik dan benar.
1.2 Tujuan
1. Membekali mahasiswa agar memahami pemasaran, proses produksi dari bahan baku menjadi produk yang siap dipasarkan di PT Sidomuncul Tbk.
2. Mempelajari inovasi produk PT. Sidomuncul
3. Memahami SDM SidoMuncul
4. Mengetahui proses pemasaran produk dari PT. Nissin
5. Menambah pengalaman dan pengetahuan terhadap perusahaan, terkait operasional, manajemen dan system marketing.
6. Dapat mengetahui cara berbisnis (e-commerce) dengan basis aplikasi(KUDO)
7. Dapat menegtahui bagaimana proses tips and trik menjadi investor
8. Mengetahui dasar-dasar berinvestasi
1.3 Manfaat
Bagi Mahasiswa
a) Dapat menambah wawasan dan pengetahuan mengenai proses pengolahan jamu
b) Dapat membandingkan antara hasil pengamatan dengan teori yang didapat bangku perkuliahan.
c) Mahasiswa dapat mengetahui secara langsung proses pekerjaan di suatu perusahaan.
d) Mahasiswa dapat mencari gambaran tentang dunia usaha yang paling tepat.
e) Memupuk kerja keras dan semangat untuk mencari peluang usaha.
f) Mahasiswa akan lebih bersungguh-sungguh dalam belajar karena menyadari bahwa dunia usaha tidaklah mudah.
g) Mahasiswa dapat mengajukan berbagai pertanyaan dan mendapatkan jawaban secara langsung dari perusahaan.
h) Dapat mendorong mahasiswa untuk berjiwa wirausaha.
Bagi Kampus
a. Kampus dapat mempererat tali persaudaraan dengan tempat Studi Ekskursi.
b. Sebagai tempat memperkenalkan kampus ke dunia luar.
c. Dapat menyalurkan para mahasiswanya untuk bekerja di tempat Studi Ekskursi maupun sebagai tempat praktik (magang).
d. Sebagai ajang promosi kampus untuk daerah luar.
BAB II
KEGIATAN SELAMA STUDI EKSKURSI
2.1 PT. Sidomuncul TBk.
Bahan baku terdiri dari 160 jenis, sebagian besar diambil dari alam dan tergantung dari musim. Jika disatu tempat ada belum tentu ditempat lain ada dan bahkan jika ditempat itu ada akan ada kemungkinan pula hari berikutnya tempat tersebut tidak tersedia bahan baku. Bahan baku diambil dari daerah atau wilayah sekitar pabrik namun juga ada yang dari luar contoh dari daerah Batang, Boyolali , dll. Bahan baku yang diambil adalah bahan baku yang dalam kondisi kering guna penyimpanan yang lebih baik. Bahan baku pun didapat dalam rantai pasar yang panjang sehingga harus dalam kondisi kering. Bahan baku tersebut 80% dari supplyer serta 20% dari petani dikarenakan petani hanya musiman dalam memproduksi dan tidak bisa terus menerus maka hanya diberi sedikit sementara supplyer besar karena pentingnya pasokan bahan baku tanaman obat tersebut yang kontinyu maka diberi besar karena supplyer dalam menyetok dalam terus-terusan dan jumlah yang banyak.
Proses penyimpanan dilakukan digudang penyimpanan. Persediaan bahan baku dengan sistem FIFO , masuk pertama keluar pertama. Hal ini dilakukan guna tidak adanya bahan baku yang menumpuk atau tersimpan terlalu lama yang berakibat pada rusaknya bahan baku. Ruang penyimpanan dipisah-pisah setiap bahan bakunya dan ditaruh pada bentuk vertikal keatas dalam penyimpanan tersebut. Dalam ruang penyimpanan bahan baku harus memenuhi syarat :
Ø Bahan masuk benar
Ø Bahan baku harus bersih
Ø Bahan baku harus disimpan dalam bentuk kering
Selain itu adapun tata laksana gudang penyimpanan, yaitu kebersihan gudang harus terjaga dan kelembaban serendah mungkin atau dapat dipastikan kering.
Dalam pengendalian kualitas bahan baku yang dilakukan ialah :
a) Pemisahan kotoran (penyortiran)
b) Pemotongan, guna mempermudah proses penghalusan
c) Pencucian kembali untuk memastikan bahan benar-benar bersih
d) Dikeringkan menggunakan oven
e) Penyortiran bahan kering, bahan yang berkualitaslah yang ddipilih
f) Masuk dalam pengamatan tim pengendali mutu, guna memastikan sudahkah bahan baku memenuhi standar
Dalam proses yang dilakuakan diatas sebagian besar masih menggunakan jasa sumberdaya manusia karena dalam proses penyortiran akan lebih dapat dijamin kualitasnya jika dilakukan langsung oleh sumberdaya manusia. Namun dalam proses pemotongan dan pengeringan juga menggunakan alat-alat yang masih tradisional. Selain menjaga kualitas digunakannya sumber daya manusia juga bertujuan untuk mendayagunakan warga sekitar agar kualitas hidupnya lebih terjamin dengan adanya lapangan pekerjaan.
v PROSES PRODUKSI
Proses produksi jamu di PT. Sido Muncul ini yang pertama adalah penerimaan bahan baku, bahan baku yang datang segera dicek QC (Quality Control), setelah terbukti memenuhi standar penerimaan dan standar penggunaan kemudian bahan baku dimasukkan ke dalam gudang penyimpanan bahan baku. Bahan baku yang akan dipakai diambil dari gudang penyimpanan bahan baku kemudian disortasi, setelah disortasi kemudian bahan baku dicuci, dikeringkan, digiling, baru kemudian dicampur (mixing).
Untuk peracikan minuman serbuk yang merupakan produk dari SidoMuncul, adalah dengan melakukan peracikan bahan, kemudian melakukan penggilingan bahan yang digunakan, lalu diayak (agar menjadi serbuk halus), di campurkan dengan bahan-bahan yang lain, lalu di kemas (packaging). Seluruh proses minuman serbuk ini menggunakan mesin, mesin yang mampu memproduksi sampai 35.000 sachet/ 1 jam/ mesin. Setelah produk sudah jadi, maka akan diuji kembali (uji sampel), apabila sudah lolos dan sudah sesuai dengan standar, maka produk siap dipasarkan.
v INOVASI PT. Sidomuncul
Inovasi yang dilakukan PT. Sidomuncul sendiri yaitu dengan melakukan segmentasi yang berbeda dalam produk jamunya seperti untuk yang sudah berumur dan diabetes dalam jamunya tidak terlalu manis dalam hal ini tingkat kemanisannya atau madunya dikurangi agar tidak terlalu manis sehingga tidak perlu khawatir dalam mengkonsumsi jamu sidomuncul , kemudia juga sudah ada jamu sidomuncul untuk anak-anak dengan ukuran yang lebih kecil dibandin produk sidomuncul lain maka disesuaikan dengan taksiran anak-anak yang tidak terlalu banyak dalam mengkonsumi sesuatu dan untuk anak-anak sendiri ada 2 macam bentukannya. Selanjutnya juga ada sidomuncul sachet untuk flu dimana tentu pengobat melalui herbal akan lebih sehat maka sidomuncul menciptakan produk sachetan sidomuncul flu untuk mengurangi flu dan tentunya menyembuhkan.
Tidak hanya dengan itu saja namun pada saat ini SidoMuncul melakukan konsep dengan membuat Cafe Jamu dimana terinspirasi pada saat ini Cafe terkenal bagi kaula muda. Konsep cafe jamu itu untuk memenuhi selera generasi muda yang lebih menyukai jamu dengan rasa enak dan cara penyajiannya dalam gelas plastik yang bisa dibawa kemana-mana. Konsep dari Cafe Jamu ini tentunya didesign semenarik mungkin disertai dengan adanya bartender yang ada untuk meracik jamu yang dipilih. Dari hasil kunjungan ada beberapa khasiat yang bisa dipilih dari Cafe Jamu yang ada di SidoMuncul antara lain untuk pelangsing perut, penambah stamina, penambah energy serta ada lainnya,
Cafe jamu yang ada juga salah satunya untuk meneruskan jamu merupakan tradisional Indonesia yang harus dilestarikan namun tetap bisa tampil modern dengan adanya Cafe jamu tersebut. Beberapa cafe mungkin lebih menawarkan minuman lain tapi lupa akan khasiat yang ada dengan ada Cafe Jamu ini maka konsumen bisa tetap melestarikan serta mendapat khasiat kesehatan dari meminum jamu yang dijual di Cafe Jamu. Jamu yang dijual bisa dipesan sesuai kebutuhan baik itu mau yang dingin ataupun memilih yang panas dan disajikan seperti minuman-minuman jaman sekarang seperti penyajian dengan seperti es dum-dum thaitea.
Selain itu pula SidoMuncul juga mulai membuat pasta gigi dimana pasti gigi tersebut mempunyai banyak manfaat selain membersihkan gigi namun juga untuk kesehatan, Pasta gigi SidoPutih Muncul Kinclong bukan hanya untuk kesehatan gigi, namun juga dapat dimanfaatkan untuk pengobatan kulit atau luka pada bagian tubuh dan hasil penyakit atau luka setelah dioles dalam waktu relatif singkat menjadi kering serta cepat sembuh.
Expor Malaysia Singapore Brunei sudah ke Eropa Australia Amerika dan Afrika ,yang paling banyak produk tolak angin mau di arab sudah dapat dijumpai. Untuk hal minuman kukubima disukai di Nigeria . ekspor memperhatikan regulasi dan administrasi dimasing-masing negara , ada dokumen standard yang dilampirkan namanya SOA sertificate of analysis terkati produk apa bahanya apa knowledge dari produk , yang kedua dari fisik dan budaya setempat yang disesuaikan dengan kesukaan warga setempat untuk membuat formula yang sesuai , jahe wangi sangat laris untuk diekspor,diluar negri lebih tidak suka yang manis berbeda dengan orang indonesia yang manis, selanjutnya packaging yang menarik sehingga ada daya ketertatikan yang muncul seperti ini produk apa bahannya seperti apa dan khasiat apa saja, packaging disesuaikan dengan negara tujuan, ke Korea harus dengan bahasa korea dan ke negara eropa menggunakan bahasa inggris sehingga konsumen mengerti tentang produk kita. Strategi yang terbaru sudah punya kantor perwakilan di philipina karena beberapa orang philipina selatan sudah suka dengan produk sidomuncul, karena dengan kantor perwakilan lebih mudah dalam koordinasi dan mengikuti pameran didubai untuk mengenalkan produk
Sementara PT. Sidomuncul sendiri sudah ada 2 pabrik yang terletak di Semarang dengan memperkajakan 3000 orang di pabrik Sidomuncul.
v Keuangan SidoMuncul TBk.
PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk menawarkan harga IPO (initial public offering) di kisaran Rp 560 sekian per saham diawal dalam pembukaan saham yang dijual terbuka saat pertama kali Sidomuncul memutuskan menjadi perusahaan terbuka pada 18 November 2013. di per 2 maret 685 rupiah. Naik turun masih dalam tahap wajar karena dipengaruhi para stakeholder harus mempertahankan kinerja kedepan. Dimana pada bulan Mei mendatang akan diadakan rapat umum pemegang saham untuk mengukur hasil kinerja csr , inovasi dan penambahan produk dan penjualan, penambahan fasilitas dan gedung-gedung dan sekarang sudah menambah pabrik 3x kapasitas dari yang ada, PT. Sidomuncul masih dipercaya oleh investor terhadap Sidomuncul karena harga saham terus naik.
v SDM Sido Muncul
Untuk pengolahan SDM di Sidomuncul sendiri ketika ada pengurangan mesin dan efisiensi karyawan tidak langsung dipecat namun terlebih dahulu dipikirkan dan diahlikan ke bagian yang lain karena lebih manusiawi daripada merekrut tenaga kerja baru karena memaksimalkan tenaga kerja yang ada dulu. Sidomuncul jarang membuka karena jaman sekarang sudah langsung melamarkan saja karena jika Sidomuncul membutuhkan tinggal melihat email dan berkas yang sudah dikirimkan ke Sidomuncul jadi tidak jamannya menunggu untuk melamar
v PENGOLAHAN LIMBAH PT. SIDO MUNCUL, Tbk
Dalam proses produksinya, SidoMuncul memiliki 2 jenis limbah yaitu :
Limbah cair yang merupakan hasil dari pencucian bahan baku jamu
Limbah padat yang merupakan ampas jamu (ampas ekstraksi) dan kertas bekas pengemasan.
Proses penangan limbah cair dan padat yang dilakukan oleh SidoMuncul adalah :
u Limbah cair
Limbah cair akan diproses dimana air hasil olahannya yang sudah memenuhi standar untuk tidak mencemari lingkungan (standar air baku sesuai ketentuan Kementrian Lingkungan Hidup) akan dibuang ke sungai. Hal lain yang dilakukan adalah limbah cair tersebut digunakan untuk menyirami tanaman herbal yang berada di kawasan pabrik, dan membuktikan bahwa air tersebut sudah tidak berbahaya dengan bukti tumbuh suburnya tanaman herbal tersebut.
u Limbah padat dibagi menjadi 2 (dua) proses pengolahan, yaitu :
v Limbah padat organik :
Limbah padat organik adalah seperti hasil ampas jamu sisa produksi, yang memiliki jumlah 15-20 ton. Limbah padat dimanfaatkan sebagai pupuk organik yang diproduksi oleh anak perusahaan, yaitu PT. Sido Muncul Pupuk Nusantara, yang hasilnya dijual ke pasar nasional dan internasional. Pupuk tersebut juga dijualkan kepada karyawan SidoMuncul, dan dijual ke toko organik.
Pupuk sendiri memiliki 2 (dua) jenis yaitu :
ü Pupuk padat : Pupuk padat memiliki 2 (dua) jenis yaitu pupuk padat dan pupuk padat granol. Untuk pupuk padat granol diserahkan kepada mitra yaitu PT. Petrokimia, dengan jumlah produksi pupuk granol dari SidoMuncul sejumlah 300 ton per bulan.
ü Pupuk cair : Pupuk cair merupakan hasil fermentasi alami dari pupuk organik, dan melalui proses pengolahan khusus. Pupuk cair dieskpor ke negara Jerman, Rusia, dan negara lainnya.
Limbah padat organik dapat digunakan sebagai biomass untuk bahan bakar mesin boiler (sebagai sumber energi terbaharukan).
v Limbah padat anorganik :
Limbah padat anorganik merupakan limbah padat yang berasal dari kemasan reject atau kemasan yang tidak lulus standar.
Limbah padat anorganik yang tidak dapat dimanfaatkan lebih lanjut, akan dimusnahkan menggunkaan incenerator. Sedangkan untuk limbah padat anorganik yang dapat didaur ulan akan dibuat kerajinan tangan atau akan masuk ke pengepul.
2.2 PT. Nissin
Dari pihak Nissin memberikan semua produk ke distributor, dan dikembalikan sepenuhnya ke distributor sehingga mengetahui di tempat ini lakunya produk apa berdasarkan yang laku di tempat masing-masing dan yang tidak laku bisa diretur ke PT. Nissin tapi returnya ditentukan dari sekian persen dari omset jadi ada batasannya dalam pemberian produk. Ada yang jual di hanya di Semarang di PT. Nissin saja ada juga yang di distributor jadi untuk mengembangkan produk untuk melihat respon pasar salah satunya melihat produk yang dijual hanya di pabrik Nissin itu saja dan kemasan belum lengkap tidak seperti yang dijual nasional. Kemasan hanya sederhana untuk melihat respon pasar, ada juga yang belum siap diproduksi secara besar salah satunya cookies ada beberapa varian rasa nanas, korma, strawberry dll. Untuk varian nanas sudah dikomersialkan secara luas untuk korma belum secara luas hanya dijual di pabrik Nissin itu sendiri. Untuk menjaga kualitas selalu dijaga dengan memanfaatkan work of mouth yaitu produk yang dipasarkan jika baik diharapkan diceritakan kepada orang-orang salah satunya kong ghuan yaitu produk legendaris dari Nissin dari generasi ke generasi yang sudah akrab dengan jika lebaran harus ada produk tersebut disisi lain ada promosi. Untuk menajaga kualitas ada syarat-syarat baik bahan baku yang harus memenuhi syarat tersebut dan dokumen yang bersertifikat halal dan setiap produksi dijaga hingga finishing agar konsumen puas dengan produk yang dihasilkan. Tidak hanya itu saja Nissin juga mengelolah hasil rempahan produksi direproduksi kembali atau diolah kembali untuk dicetak lagi. Untuk yang akan kadaluarsa biasanya 3 bulan sebelum kadaluarsa akan ditarik dan produk tersebut dihancurkan untuk pakan ternak yaitu tentunya dengan perjanjian agar bener-bener untuk pakan ternak tersebut untuk yang mau mengambil produk yang dihancurkan tersebut sehingga setiap produk dimaksimalkan sehingga tidak dihamburkan.
Untuk SDM Nissin
Dalam mengkomunikasikan terlebih dahulu didalam dengan surpivisor atau bagian produksinya ketuanya, jika ada masalah baru ke HRD dan serikat pekerja untuk mencari win-win solution agar enak untuk kedua belah pihak sehingga karyawan juga nyaman dalam bekerja kedepannya.
2.3 KUDO
Kudo adalah sebuah platform yang menawarkan kesempatan bagi jutaan orang Indonesia untuk mengembangkan usaha mereka lewat teknologi. Kudo menyediakan akses ke bermacam pilihan produk dan layanan yang bisa diakses lewat aplikasi. Saat ini Kudo telah memiliki lebih dari 500.000 agen di 500 kota dan kabupaten di penjuru Indonesia.
Sejak Mei 2017, Kudo telah resmi menjadi bagian dari keluarga besar Grab. Bersama Grab, Kudo bertujuan untuk memberi layanan nomor satu bagi mitra dan penggunanya.
Kudo memberi kemudahan bagi masyarakat Indonesia untuk melakukan pembelanjaan e-commerce bagi yang tidak memiliki akses atau tidak mau bertransaksi online. Lewat Kudo, mereka bisa bertransaksi online secara tunai. Bekerjasama dengan berbagai perusahaan e-commerce, Kudo menawarkan hingga jutaan produk.
l PEMASARAN KUDO
Masyarakat yang dituju oleh Kudo sendiri adalah lebih memprioritaskan masyarakat atau perseorangan yang sudah memiliki bisnis (warung, kios ). Dengan alasan jika ada komplain maka bisa langsung ditanyakan kepada pebisnis yang sudah punya warung dan jelas tempat lokasi pengaduannya dibanding yang belum punya karena lebih sulit ditemui jika terjadi kejadian seperti itu.
Target Kudo
Target Kudo adalah masyarakat yang belum mengerti tentang tekhnologi, belum paham akan bagaimana menggunakan tekhnologi secara baik.
Menurut data analisis dari pihak Kudo, 21,8% masyarakat Indonesia sudah paham dan sudah bisa menggunakan internet dan tekhnologi secara baik dan benar. Sedangkan 78,2% masyarakat Indonesia belum mengetahui dan belum bisa menggunakan internet dan tekhnologi secara baik dan benar. Masyarakat yang belum paham dengan tekhnologi, merupakan target sasaran dari Kudo. Sedangkan masyarakat yang sudah bisa menggunakan tekhnologi dengan benar, merupakan sebuah peluang sebagai agen Kudo di seluruh Indonesia.
Kudo merupakan sebuah bisnis yang bisa berkembang di negara-negara berkembang, dimana tingkat masyarakat yang belum bisa memahami internet adalah tinggi.
Kerjasama Kudo Dengan Grab
Grab merupakan salah satu perusahaan tekhnologi yang sudah terkenal bahkan masuk kedalam 5 peringkat perusahaan terkenal dengan pendapatan tertinggi di Asia. Hal ini membuktikan bahwa Grab memiliki nama dan popularitas yang besar. Dengan bergabung dengan Grab, KUDO mampu melebarkan sayap mereka ke negara-negara berkembang di Asia, seperti Thailand, Vietnam, Filipina.
Grab membuka jalan masuk bagi KUDO untuk mampu memperluas pasarnya di negara-negara lain, karena Grab sudah lebih dahulu dikenal oleh masyarakat luar negeri.
Keuntungan yang dimiliki oleh Grab dengan bergabungnya KUDO kedalam perusahaan Grab adalah, Grab yang semula hanya ada di 11 kota di Indonesia, namun pada saat ini Grab sudah ada di setiap kota di Indonesia, dari Sabang hingga Merauke. Hal ini dikarenakan, KUDO yang lebih dulu mampu memperluas pasarnya dari Sabang sampai Merauke, sehingga Grab mampu memperluas pasarnya mengikuti pasar yang sudah dimasuki KUDO.
Di dalam aplikasi KUDO, terdapat pilihan untuk menjadi mitra Grab. Sehingga dengan tersebarnya KUDO di seluruh Indonesia, maka masyarakat akan langsung mengetahui adanya Grab dan mampu untuk mendaftar Grab di kota mereka.
l SDM KUDO
Untuk dalam berbagai aktivitas Kudo melakukan dengan sistem yang santai tidaklah formal seperti dikantoran. Untuk dalam bekerja sendiri kaosan tidaklah masalah karena yang dipentingkan yaitu ide-ide yang muncul dari karyawannya untuk membuat produk yang baru tiap minggu dan tiap bulannya. Fasilitas yang disediakan serta ruang-ruang yang berdiskusi dibuat senyaman mungkin dengan relax diharapkan dengan fasilitas yang nyaman ide tersebut muncul. Tidak hanya saat berdiskusi untuk membuat produk namun ruang rapat dalam pengambilan keputusan begitu unik karena disitu tersedia sofa, PS4, dan meja dan kursi layaknya di cafe-cafe membuat ruang dalam pengambilan keputusan begitu relax. Kudo selalu membuka kesempatan tidak ada batasan baik lulusan s1 atau s2 jika mau ingin bekerja dan menciptakan ide-ide menarik maka terbuka lebar. Kudo membuat setiap 1 deret yang bisa berisi 10 orang untuk membahas jenis produk masing-masing seperti 1 deret membahas ide tentang produk barang elektronik satu deret lain tentang token listrik dan pembayaran lainnya yang bisa disediakan di aplikasi Kudo tersebut. Jika terjadi masalah biasanya dibicarakan terlebih dahulu kepada temannya untuk dicari solusi jika tidak bisa maka di kepala bidangnya tersebut baru kemudian di HRD. Fasilitas yang diberikan untuk yang ingin berolahraga disediakan tempat gym didalam gedung agar karyawan pula tetap sehat dan tersalurkan serta ruang kantin yang dibuat warna warni dan menarik seperti dirumah makan.
2.4 BEI
Bursa Efek adalah Pihak yang menyelenggarakan dan menyediakan sistem dan atau sarana untuk mempertemukan penawaran jual dan beli Efek pihak-pihak lain dengan tujuan memperdagangkan Efek di antara mereka.
Bursa Efek Indonesia merupakan bursa resmi di Indonesia, sehingga bagi para perusahaan yang ingin go public di Indonesia harus melalui BEI. Bursa Efek Indonesia pun harus mengontrol agar proses transaksi efek yang terjadi berjalan dengan adil dan efisien. Peran dari BEI antara lain:
· Sebagai Fasilitator Perdagangan Efek, Hal ini termasuk
a. Menyediakan semua sarana perdagangan efek (fasilitator).
b. Membuat peraturan yang berkaitan dengan kegiatan bursa.
c. Melakukan pencatatan terhadap semua instrumen efek.
d. Mengupayakan likuiditas instrumen investasi efek.
e. Menyebarluaskan informasi bursa (transparansi).
Tujuan umum dari perusahaan yang ingin melakukan Go-Public kepada BEI yaitu untuk:
a) Mendapatkan dana untuk ekspansi bisnis mereka
b) Bayar hutang usaha
c) Memperbaiki struktur finansial perusahaan
d) Value creation
e) Pemersatu keluarga ( Bagi Perusahaan Keluarga )
f) Tujuan strategis non finansial
Saham sendiri ialah bukti kepemilikan suatu perseroan (perusahaan) yang merupakan klaim atas penghasilan dan kekayaan perseroan.
Adapun manfaat bagi investor yang membeli saham
a. Dividen
Keuntungan yang diberikan perusahaan penerbit saham atas keuntungan yang dihasilkan sehingga mendapat uang tambahan atas kepimilikan saham ke perusahaan yang membagi dividen
b. Capital gain
Merupakan selisih antara harga beli dan harga jual. Capital gain terbentuk dengan adanya aktivitas perdagangan saham. Dimana jika seorang investor membeli saham pada 400 rupiah perlembar saham dan membeli 2 lot saham suatu perusahaan dan suatu sahat harga tersebut menjadi 450 rupiah perlembar saham maka ada keuntungan 50 rupiah untuk perlembar saham dan dikali 200 lembar ( 2 lot )
c. Menjadi pemilik perusahaan
Membeli saham berarti menjadi salah satu pemilik perusahaan walaupun hanya 1 lot maka sudah termasuk jadi pemilik perusahaan walaupun minoritas
Obligasi adalah surat utang jangka menengah panjang yang dapat dipindahtangankan berisi janji untuk membayar imbalan berupa bunga pada periode tertentu dan melunasi pokok utang pada waktu yang telah ditentukan kepada pihak pembeli obligasi tersebut
Sementara reksadana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal yang kemudian dana tersebut dikelola oleh manajer investasi dalam portofolio investasi
Investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan
Alasan mengapa perlu investasi adalah
A. Proteksi terhadap gejolak inflasi karena jika harga rendah atau tinggi maka uang kita yang ditanamkan akan aman dan nominal tetap sesuai dengan yang diinvestasikan
B. Peningkatan nilai kekayaan/aset dimasa yang akan datang, harga saham suatu perusahaan akan selalu meningkat tiap tahunnya dicontohkan seperti saham astra pada jaman dulu hanya ratusan rupiah perlembar namun sekarang sudah sampe ribuan rupiah perlembar(8150 rupiah perlembar)
C. Mengantisipasi ketidakpastian pendapatan dimasa yang akan datang, tidak bakal tahu kedepannya apakah seseorang terus bekerja atau dipecat maka untuk hal itu perlu ditabungkan ke investasi sehingga uang tersebut tidak berkurang jumlahnya bahkan bertambah sehingga tidak perlu khawatir dalam berinvestasi
Pemasaran yang dilakukan oleh BEI yaitu salah satunya dengan mengadakan seminar , KSPM dan lain-lain. Dengan mengadakan seminar pembelakan mengenai hal-hal apa saja seperti untungnya berinvestasi dan penjelasan tentang saham itu seperti apa dan surat obligasi seperti apa, untuk memulai berinvestasi sudah mudah dan hanya dengan uang Rp. 100.000 serta prosedur yang kian mudah, Yang kedua melalui KSPM dengan adanya sekolah pasar modal juga bisa lebih tahu cara belajar memelajari berbagai aspek yang ada di perusahaan serta prospek perusahaan itu sendiri, Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia (GI BEI) adalah sarana untuk memperkenalkan Pasar Modal kepada dunia akademik. Galeri Investasi BEI merupakan kerjasama antara BEI, Perguruan Tinggi dan Perusahaan Sekuritas guna meningkatkan pengetahuan pelajar/ mahasiswa dalam prakteknya. Melalui Galeri Investasi BEI yang menyediakan real time information untuk belajar menganalisa aktivitas perdagangan saham, diharapkan dapat menjadi jembatan menuju penguasaan ilmu pengetahuan beserta prakteknya di pasar modal. Kemudian ada pula dengan kemudahan syarat berinvestasi yang hanya Rp 100.000 saja sudah bisa membuka akun saham dimana ini terobosan agar masyarakat indonesia mau berinvestasi dibanding jaman dulu yang harus membuka akun saja hampir Rp 5.000.000.
Adapun langkah untuk investasi di pasar modal ialah :
I. Pahami tujuan investasi
· Biaya pendidikan, Dana Pensiun, dll
· Jangka pendek, menengah, panjang
II. Kenali profit risiko
· Risk averter, moderate, risk taker
III. Pelajari alternatif investasi
· Saham, Obligasi, Reksadana, ETF
IV. Pahami tingkat risiko produk investasi
V. Tentukan batas investasi
· Disesuaikan dengan kemampun keuangan dan profil risiko
VI. Tentukan strategi investasi
VII. Manfaatkan jasa profesional (apabila diperlukan)
VIII. Pertahankan tujuan investasi
BAB III
EVALUASI PELAKSANAAN KEGIATAN
Ø PT. Sido Muncul
Pada saat berada di PT. Sido Muncul, peserta terlambat datang dari jam yang telah ditentukan sehingga penjelasan dan jalan mengelilingi Sido Muncul menjadi terburu-buru dikarenakan mengejar waktu. Namun tetap diadakan sesi konferensi pers dari pihak PT. Sido Muncul dan mampu menjawab semua pertanyaan dengan jelas dan terperinci, sehingga peserta mampu memahami aspek-aspek penting perusahaan Sidomuncul (seperti pemasaran, SDM, serta keuangan). Pihak Sidomuncul juga menyebarkan brosur yang memudahkan peserta untuk mengetahui sejarah Sidomuncul serta penjelasan-penjelasan penting lainnya.
Ø PT. Nissin Biskuit Indonesia
Pihak Nissin kurang menjelaskan secara rinci dan jelas pada saat peserta berkunjung ke proses produksi pabrik dimana hanya diputar saja tidak ada menjelaskan detail produksinya seperti apa, sehingga peserta kurang memahami bagaimana proses produksi Nissin. Namun pada saat di Nissin, sesi tanya jawab berjalan lancar, dan jawaban dari pihak Nissin sudah sesuai dengan materi yang ditanyakan peserta.
Ø PT. Kudo Teknologi Indonesia
Ruangan sesi tanya jawab Kudo sangat nyaman sangat kreatif dengan nuansa unik, dan pembicara dari Kudo sangat responsif dan friendly sehingga peserta mampu bertanya banyak hal kepada Kudo. Pihak Kudo memberikan penjelasan yang rinci dan mudah dipahami oleh peserta. Atmosfer tanya jawab yang tidak terlalu formal (dapat dikategorikan non formal) mampu membuat peserta menjadi nyaman dan bertanya lebih banyak. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh Kudo sebagai satu-satunya perusahaan yang bergerak di bidang tersebut, sehingga peserta tertarik untuk bertanya lebih jauh.
Pada saat peserta berkunjung ke kantor Kudo dan mengelilingi kantor dari lantai bawah sampai lantai atas, atmosfer kantor Kudo yang nyaman dan santai, serta dari pihak Kudo memberikan kesempatan bagi peserta untuk bertanya kepada masing-masing divisi dalam perusahaan Kudo bahkan bisa ditanyakan langsung ke kepala divisinya, sehingga peserta mampu memahami peran penting setiap divisi perusahaan. Kudo sendiri tidak ragu untuk memasuki ruangan masing-masing seperti ruang rapat pengambilan ide dan ruang gym dan semua karyawan dari Kudo sangat friendly untuk memberikan penjelasan dan menjawab pertanyaan dari peserta.
Ø Bursa Efek Indonesia
Pihak BEI yang terlambat sekitar 1 jam karena ada rapat terlebih, membuat acara penjelasan materi dan tanya jawab tidak dapat berjalan semestinya dari durasi dan waktu yang ditentukan. Sesi presentasi yang dimunculkan pun hanya seputar materi dasar investasi, yang sudah semestinya didapat oleh para peserta di perkuliahan. Dan tidak ada sesi tanya jawab sama sekali, dikarenakan waktu yang singkat dan diharusnya untuk melanjutkan perjalanan untuk agenda lainnya. Namun ruangan BEI dan ruangan pemaparan BEI yang menarik, membuat peserta nyaman. Serta moderator yang mampu menjelaskan secara menarik, sehingga peserta tidak merasa bosan dan tertarik dan bahkan memberikan hadiah agar peserta yang tahu dapat aktif menjawab dan mendapatkan hadiah tersebut.
BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN
4.1 Kesimpulan
Dari hasil kunjungan di SidoMuncul mendapatkan banyak informasi baik cara pengelohan produksi hingga SDMnya sangat baik dimana walaupun pabrik besar namun tetap memberdayakan manusia serta warga sekitar sebagai pekerja dan pemasok. Melakukan inovasi yang mengikuti jaman agar mengikuti tren yang ada walaupun produk jamu.
Untuk dari PT. NISSIN sendiri berbagai kegiatan pemasaran dan produksi tidaklah membuang satupun rempahan dan produk yang mau kadaluarsa dapat dijual kembali sehingga segala aktivitas mendapatkan hasil uang dan pemasarannya sangat baik dilihat dari produk yang dijual hanya di Nissin Store itu sendiri terlebih dahulu untuk melihat daya tarik konsumen terhadap produk tersebut.
Selanjutnya PT. KUDO, PT. KUDO sendiri mampu membaca peluang dimana penjual di warung-warung mampu menjual barang online dan membayar listrik dll melalui aplikasi KUDO dan ditawarkan kepada konsumen yang tentunya baik penjual dan KUDO sendiri mendapatkan keuntungan masing-masing karena penjual warung dapat menambah jumlah barang dengan aplikasi tentunya juga mendapat untung dan penjualan dari KUDO melalui online juga menambah hasil bagi KUDO.
Yang terakhir ialah BEI, BEI sendiri dalam pemasarannya sudah jemput bola baik itu melalui mengadakan seminar, universitas sudah ada broker untuk mahasiswa memulai investasi dan iklan dengan hastag “Yuk Nabung Saham” untuk menggerakan agar masyarakat Indonesia mau berinvestasi serta harga memulai investasi yang hanya Rp. 100.000 sudah dapat berinvestasi.
4.2 Saran
Untuk SidoMuncul sebaiknya dari peserta datang tepat waktu sehingga tidak terburu-buru oleh waktu sehingga bisa melihat yang ada di SidoMuncul baik itu produksi dan lingkungan sekitar pabrik dan bertanya bisa lebih banyak.
Kemudian untuk Nissin, harusnya ada penjelasan lebih rinci tentang tahapan produksi seperti dalam pembuatan ini namanya apa sehingga peserta dapat mengerti lebih rinci
Selanjutnya di KUDO, penjelasan kadang terlalu memutar-mutar walaupun seharusnya sudah ada intinya
Terakhir di BEI, dari pihak BEI sendiri seharusnya jangan terlambat dan harus sesuai waktu agar acara bisa lebih lama dan bisa diadakan tanya jawab, untuk peserta kurangnya banyak memperhatikan karena ada beberapa yang tidak memperhatikan seperti ngantuk
Tidak ada komentar:
Posting Komentar